Saturday, October 08, 2005


Tanda Tangan Skripsi

Apa susahnya sih tanda tangan? Sret, sret. Jadi deh! Cuma belakangan ini aku baru sadar kalo semakin tinggi jabatan seseorang semakin dia jual mahal buat tanda tangan. Itulah yang kurasain waktu ngejalanin proses keluar dari IPB tercinta ini, tepatnya pada tahap berburu tanda tangan dari dekan. Aduuuh, asli deh, susye musye banget! Jadi tuh ya, skripsiku ditolak sekali sama dekan karena covernya nggak sesuai dengan peraturan TERBARU cover skripsi. Omigooood, padahal kayaknya masih taun ini juga keluar buku peraturan penulisan ilmiah baru dari Fakultas, terus sekarang ganti LAGI? Ck, ck, ck…

Setelah urusan perbaikan cover selesai, yang ngabisin biaya empat puluh lima ribu rupiah, thank you very much, aku kembali lagi berburu tanda tangan dekan. Nah, aku kan kemarin nitipnya ke PAP—abis disuruhnya kesitu sih. Eh nggak taunya, besoknya—maksudnya hari ini—aku dibilangin buat ngejemput skripsiku di KANTOR DEKAN. Hehhh, serem banget kan? Aku pun mikir yang enggak-enggak? Jangan-jangan ditolak lagi? Waduh, alamat keluar duit lagi dong? Damn! Aku langsung kebayang duit melayang-layang dari dompet—TIDAAAAAAK!!! Tentu aja aku nggak rela. Hari gini gitu lho, duit segitu kan banyak? (lumayan bisa beli satu novel—tetep!)

Udah gitu dekannya dateng setengah sepuluh lagi—artinya aku nungguin dia setengah jam lebih. DAN bukan itu aja, aku masih disuruh nunggu lagi ‘beberapa menit’. Boong banget! Soalnya tiba-tiba aja berturut-turut muncul dua tamu dekan yang nggak tau diri, main serobot antrian segala. Sekretarisnya jadi iba ngeliat aku yang dikacangin dua tamu sialan itu. Yah, nggak iba-iba banget sih, soalnya abis berbalik buat ngeliatin aku, dia kembali lagi ngadepin layar komputer dan berinternet ria. Aku sempat memata-matai—saking bosannya aku nyari kesibukan jadi James Bond buat karyawan yang kerja di ruang dekan—situs yang dibuka si sekretaris. Ternyata situs masak-masak Indonesia dan situsnya IM3 (kan ada fasilitas SMS gratis gitu!).

Setelah tamu-tamunya pulang, Pak Dekan langsung ngeh sama cowok gendut berbaju biru yang menunggu dengan cemas: ME! Pak Dekan nanya, ada keperluan apa? Ya udah aku bilang aja mo minta skripsiku yang udah ditandatangani. Aku disuruh masuk. Di dalam ruang dekan aku rada-rada diomeli gitu—gak bisa dibilang diomeli sih… let say ‘ditegur’—katanya aku nggak boleh nitip-nitip minta tanda tangan Dekan lewat PAP. Nggak boleh! Soalnya dia kan pengen ngeliat ‘calon sarjana IPB’ dan bla, bla, bla… Aduuuh, Pak, sekarang pasti nyesel kan ketemu aku sang calon sarjana IPB ini? Nggak meyakinkan banget sebagai sarjana S1, he he he he. But whatever, abis itu Pak Dekan nandatanganin kelima skripsiku dan aku balik ke Komdik, buat pengecapan tanggal lulus.

Tips hari ini: kalo mo ketemu sama dekan ato siapapun, kayaknya mending dateng jam setengah sepuluhan ke atas, soalnya Pak Dekan nggak dateng pagi-pagi. Orang penting gitu lho, dan dimana-mana orang penting harus ‘fashionably late’! Aku hampir menjalankan tipsku ini seratus persen, aku dateng jam sembilan setelah nonton Klab Disney. Ikutan nonton deh, bagus banget lho. Jam delapan ada film serinya Lilo and Stitch (aku suka banget—terbukti dari kepemilikan seprai kuning bergambar Lilo) dan Kim Possible (gayanya asyik, ngingetin aku sama cewek tomboy taksiranku waktu SMU dulu, hanya saja Si Kim ini rambutnya panjang dan matanya gede dan berbentuk daun kayak gambar cewek-cewek di cover novel serial Mates, Dates).

No comments: