Sunday, January 30, 2005

Materi Kuliah Nulis INO: 1. Mulai Nulis

Kata guru Ino, hal-hal yang perlu kita ketahui sebelum mulai nulis adalah:
1. mendalami materi yang sedang kita tulis
mau nulis apapun, baik fiksi maupun non fiksi, kalo kita nggak nguasain materi... lebih baik jangan. Kata guru ino, kasihan penulisnya, jerih payahnya nggak sebanding dengan yang didapat. Maksudnya, bukannya dapat pujian, kamu malah dicela-cela pembaca.
2. kenali pembaca
Lebih baik tentukan dulu sasaran pembaca tulisan kamu. Kalo pengen nulis cerita yangs asarannya remaja,tulislah dalam gaya bahasa yang mudah dicerna pembaca remaja. jangan pake bahasa sastra yang njelimet.
3. nulis teruuus!
Kalo udah mulai nulis, lakukan sampai tamat. Jangan pedulikan soal tata bahasa dan lain sebagainya, itu urusan nanti. Yang penting semua ide yang muncul di kepala, tumpah dalam lembaran yang kita tulis
4. edit!
setelah nulis, endapkan dulu selama beberapa waktu (misalnya sehari). aginya baca lagi dan coba liat, apakah ada kalimat yang membingungkan, kata yang salah tulis, dan lain sebagainya. saat kamu ngedit karya kamu sendiri, lakukan seolah kamu adalah pembaca
5. jadi deh!
Merasa karya kamu udah sempurna? Testing dulu ke teman2 terdekatmu ( atau orang yang kira2 mewakili target tulisan yang udah kita tentuin di butir kedua tadi) dan biarkan mereka berkomentar sesukanya tentang tulisan kamu. Jangan putus asa kalo mereka bilang tulisan kamu jelek. So what gitu loh, kan masih ada waktu untuk memperbaiki diri.

No comments: